Jenis Kopi Terkenal di Dunia

Jenis Kopi Terkenal di Dunia – Artikel sebelumnya telah membahas jenis jenis kopi nusantara yang memiliki cita rasa dan ciri khas masing masing daerah. Kali ini Zhibond Coffe akan memberikan pengetahuan tentang jenis jenis kopi berdasarkan spesiesnya. Secara umum terdapat 4 jenis opi yang dikenal dan dikonsumsi didunia yakni Kopi Arabika (Arabica Coffee), Kopi Robusta (Robusta Coffee) atau Canephora Coffee, Kopi Liberika (Liberica Coffee), Kopi Excelsa (Excelsa Coffee) dan yang paling banyak diminati yakni Kopi Arabika.

Setelah artikel sebelumnya menjelaskan jenis jenis kopi nusantara, dimana Indonesia menghasilkan Kopi Arabika yaitu Kopi Gayo, Kopi Mandaling, Kopi Toraja, Kopi Bali Kintamani. Perbedaan dari artikel ini dan kemarin adalah jenis jenis kopi berdasarkan tempat tumbuhya atau Single Origin dan Jenis jenis kopi terkenal berdasarkan spesiesnya, masih banyak lagi yakni Jenis Jenis Kopi berdasarkan teknik penyeduhannya.

Berikut Jenis Jenis Kopi Terkenal Berdasarkan Spesiesnya :

  • Kopi Arabika (Arabica Coffee)

Kopi Arabika ditemukan di Ethiopia dan Brasil, Kopi Arabika ini adalah kopi yang dibudayakan oleh manusia hingga sekarang dan paling popular hingga saat ini. Di pasar dunia kopi arabika mendominasi pasar daripada kopi robusta, liberika dan jenis kopi lainnya.

Kopi Arabika sendiri memiliki ciri ciri khusus yakni ukuran biji kopi arabika yang lebih kecil daripada biji kopi robusta, tingkat kandungan kafein yang terdapat pada bibit atau bji kopi arabika yang lebih rendah dan tingkat keasaman yang lebih tinggi, rasa dan aroma yang lebih nikmat. Biasanya ketika sudah di seduh tidak terlalu kental.

Paling Banyak diminati oleh pecinta kopi ataupun para petani kopi di dunia karena kopi arabika telah menguasai atau mendominasi pasar dunia dan di Indonesia, Anda dapat menemukan kopi ini di penjuru negeri ini.

Kopi Robusta merupakan keturunan dari beberapa spesies kopi yakni Coffee Canephora. Biasanya kopi ini tumbuh dengan subur atau baik di ketinggian 400 – 700 m dpl (diatas permukaan laut) dengan suhu temperature 21-24 derajat Celcius.

Memiliki ciri khusus yakni ukuran biji kopi yang besar, oval, tingkat kafein yang tinggi dan aroma yang diberikan kurang harum, kualitas buah lebih rendah daripada kopi Arabika dan kopi Liberika, membutuhkan waktu sekitar 10-11 bulan untuk buah nya masak sampai biji atau bibit kopi robusta yang diinginkan. Kopi Robusta lebih banyak menghasilkan panen daripada kopi Arabika dan juga lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

  • Kopi Liberika (Liberica Coffee)

Kopi yang berasal dari Liberia dan Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh subur atau baik di daerah setinggi 9 meter dari tanah. Datang ke Indonesia untuk menggantikan kopi arabika yang terserang hama penyakit.

Memiliki ciri khusus yakni ukuran biji atau init kopi yang lebih besar daripada kopi arabika dan robusta, dapat berbuah sepanjang tahun namun kualitas relatif rendah dan dapat tumbuh di tempat dataran rendah. Memiliki ukuran daun, cabang, bunga, buah dan pohon yang lebih besar daripada Kopi arabika dan robusta.

  • Kopi Ekselsa

Kopi excelsa bersal dari wilayah Afrika Barat an tergolong varian atau jenis yang baru. Dalam hal pembudidayaannya sangat mudah karena dapat tumbuh bai di daerah dataran rendah yang basah dan kopi excelsa tidak rentan diserang penyakit, dan juga bisa tumbuh di area lahan yang gambut. Di Indonesia Anda dapat menemukan kopi ini disekitar daerah Jambi tepatnya di daerah Tajung Jabung Barat.

Memiliki ciri khusus yakni warna daun yang dimiliki hijau tua dan bagian belakangnya warna hijau terang, cukup lebar dan luas. Buah kopi excelsa yang tumbuh pendek dan lebar, biji kopinya lebih kecil daripada robusta dan warnanya kuning cerah seperti kopi liberika.

Itulah bebrapa jenis jenis kopi yang terkenal berdasarkan spesiesnya. Zhibond Coffee siap mendistribukan kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika dan kopi luwak tentunya dengan harga yang murah dan kualitas yang terjamin.