Kopi Liberika? Kopi Langka Rasa Sayuran

Kopi Liberika ? Kopi Langka Beraneka Rasa – berbagai macam kopi sudah pernah admin bahas dari kopi yang terkenal hingga kopi single origin atau kopi nusantara yang merujuk pada suatu daerah atau tempat asal kopi itu diproduksi atau ditanam. Kali ini admin akan membahas secara mendalam tentang kopi Liberica yang langka dan beraneka rasa.

Apa itu Kopi Liberica ?

Pertanyaan diatas merujuk pada tempat kopi tersebut tumbuh dan juga aneka rasa yang terdapat pada biji kopi liberica tersebut. Kopi liberica menurut Wikipedia jenis kopi yang berasal dari negara Liberia dan juga berasal dari Afrika Barat. Datang ke Indonesia pada abad 19 untuk menggantikan kopi arabika yang terserang penyakit.

Karakteristik Kopi Liberika

Memiliki karakteristik yang membedakan kopi liberka dengan kopi robusta maupun arabika seperti berikut :

  • Ukuran yang lebih besar daripada kopi robusta maupun arabika seperti daun, bunga dan buah bahkan pohonnya pun lebih besar.
  • Kualitas buah yang dihasilkan cukup rendah
  • Berbuah sepanjang tahun
  • Dapat tumbuh di daerah dataran rendah
  • Ukuran buah yang dihasilkan tidak seragam

Kopi Liberika di Nusantara

Kopi liberica tidak kalah uniknya dengan kopi lainnya memiliki varian rasa namun banyak dikenal dengan sebutan kopi nangka karena bijinya yang cukup besar dan aromanya seperti nangka jadi muncul istilah “kopi liberika kopi nongko”. Memiliki rasa pahit dengan di akhir timbul rasa sayuran yang begitu samar. Beberapa daerah masih memproduksi kopi liberica ini karena dapat tumbuh baik di dataran rendah kopi liberica banyak tumbuh di daerah tapal kuda seperti Jember. beberapa varietas kopi liberica pernah datang ke nusantara yakni kopi liberika ardoniana dan kopi liberika Durvei. Namun di Indonesia  tidak begitu dikenal karena sebutan kopi nongko tadi, masyarakat nusantara rata rata hanya mengenal 2 jenis kopi yakni arabika dan robusta.  

Memiliki potensi yang sangat tinggi untuk di produksi dan dibudidayakan di Indonesia. Kopi liberica masih sedikit sekali yang beredar di pasar Indonesia. Dari karakteristik diatas tentunya untuk budidaya kopi liberica sendiri cukup mudah yang dapat tumbuh di dataran rendah dan juga dapat tumbuh di berbagai tipe naungan. Harga kopi liberika sendiri harganya lebih mahal daripada kopi robusta sangat berpotensi untuk menigkat ekonomi masyarakat. Sudah saatnya masyarakat tahu tentang besarnya potensi kopi liberika di pasaran.

Zhibond Coffee siap memasarkan kopi liberica di nusantara bahkan siap ekspor ke mancanegara. Salah satu pabrik kopi jember yang siap menjadi supplier dan agen kopi liberika yang berada di Jember Jawa Timur. Zhibond Coffee selain kopi liberica juga menjual beberapa jenis kpi seperti kopi robusta, kopi arabika dan juga kopi luwak, bahkan menjual mesin rosting kopi. Mari kita kembangkan dan menjadi komoditas ekspor unggulan untuk kopi liberica bersamaan dengan kopi yang telah suskes yakni arabika dan robusta bahkan luwak yang sudah ke mancanegara.