Kopi Arabika Varietas Terpopuler

Kopi Arabika – Sebelum membahas varietas dari kopi arabika, pastinya Anda bertanya tanya apa itu varietas ?. Untuk itu Zhibond Coffee akan menjelaskan apa itu Varietas. Varietas Kopi sebuah istilah untuk membedakan subspecies dari kopi tersebut yang ditanam. Banyak sekali jenis kopi seperti Kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika. Mungkin kemarin kita sudah membahas bahwasanya ada juga kopi berdasarkan tempat tumbuh atau tanamnya yang disebut dengan Single Origin. Ada istilah untuk menambah wawasan Anda yakni kultivar. Kultivar adalah varietas kopi yang berasal dari budidaya manusia, hal ini dilakukan untuk mendapatkan bibi kopi unggul.

Kopi Arabika memiliki banyak varietas, namun untuk pembahasan kali ini Zhibond Coffee akan membahas varietas kopi arabika yang terkenal. Berikut varietas kopi  yang paling populer di dunia :

  1. Typica
  2.  Geisha
  3. Caturra
  4. Mundo novo
  5. Tekisik
  6. Pacas
  7. Bourbon
  8. Villa Sarchi
  9. Ethiopian Heirloom
  10. Catuai

Untuk pembahasan kali ini Zhibond Coffee akan membahas 10 varietas kopi arabika yang telah disebutkan diatas.

Kopi Arabika Varietas Terpopuler

  • Typica

Salah satu varietas kopi arabika yang tertua dan menjadi ayah dari beberapa varietas kopi yang ada. Termasuk varietas yang paling penting dan sangat berkontribusi dalam perkembangan dunia.

Pertama kali dibawa oleh Belanda ke Indonesia. Varietas asli dari biji kopi ini yang dibawa oleh Belanda sempat punah ketika Indonesia di serang Coffee Leaf Rust. Setelah itu masih ada Varietas lokal seperti bergendal dan Sidikalang yang dapat ditemukan di daerah Sumatera, Sulawesi, dan Flores di daerah dataran tinggi.

  • Geisha

Varietas dari kopi arabika yag namanya diambil dari tempat pertama kali ditanam yakni Gesha. Gesha sendiri terletak di daerah bagian barat dari Ethiopia. Aroma yang keluar dari varietas kopi arabika ini jasmine yang halus dan memiliki tingkat keasaman yang lembut serta mengandung cita rasa buah – buahan. Cocok di tanam di daerah perkebunan dataran tinggi.

  • Caturra

Varietas ini salah satu mutasi alami dari varietas kopi arabika bourbon yang tumbuh di daerah Brasil. Memiliki ciri khusus dengan bentuk tanaman yang kerdil faktor dari mutasi, memiliki karakter yang halus dan  memiliki tingkat kemanisan yang lebih rendah daripada varietas Bourbon. Bourbon sendiri memiliki beberapa varietas akibat mutasinya selain Caturra.

  • Mundo Novo

Varietas yang muncul dari hasil persilangan antara varietas bourbon dan varietas typical dan memiliki teampat tumbuh yang sama yakni Brasil. Biji hasil persilangan tersebut kemudian di tanam di daerah kota Novo Mundo. Kemudian pada tahun 1943 varietas baru ini lahir dan diberi nama Mundo Novo.

  • Tekisik

Meruakan salah satu varietas dari bourbon yang telah di seleksi dan dikembangkan oleh salah satu Institut Salvador untuk penelitian kopi yakni ISIC di El Savador. Ukuran buah dan biji dari varietas kopi arabika Tekisik kecil dan produktivitasnya yang rendah.

  • Pacas

Pacas sama seperti Caturra yakni mutasi dari varietas kopi arabika Bourbon. Memiliki karekteristik ukuran tanamanya yang kecil dan dalam budidaya dan pengembangannya mudah karena dapat ditempatkan antara satu dengan lainnya bisa berdekatan.

  • Bourbon

Ini dia varietas yang daritadi disebutkan dan di mutasi untuk mendapatkan varietas baru. Bourbon mempunyai peran sangat penting dalam  perkembangan kopi di dunia. Bourbon dan Typica merupakan biji utama yang diambil di Ethiopia dan disebarkan oleh orang arab. Varietas yang lahir dari interaksi tanaman arabika dengan iklim dan tanah yang berbeda menimbulkan mutasi sehingga tumbuh varietas baru yakni bourbon dengan rasa yang manis melebihi varietas typical.

Memiliki ciri khusus dengan buah berwarna merah namun juga dapat berwarna yellow ataupun orange.

  • Villa Sarchi

Villa Sarchi sama seperti Pacas dan  Caturra salah satu mutasi dari bourbon yang tumbuh di daerah Sarchi, Kosta Rika. Memiliki rasa yang manis dan asam yang pas dengan rasa buah – buahan yang kuat.

  • Ethiopia Heirloom

Dengan nama diatas sudah tau asal kopi ini, yak benar Ethiopia negara asal tanaman kopi tumbuh.  Salah satu varietas yang tumbuh liar di Ethiopia dan untuk nama Heirloom untuk mempresentasikan varietas liar disana.

  • Catuai

Salah satu hasil dari persilangan antara Caturra dengan varietas yang ada di negara Brasil. Memiliki ciri khusus dengan buah berwarna merah dan kuning, serta tingkat keasaman yang tinggi. Di Indonesia cukup banyak yang sudah mengembangkan dan membudidayakan varietas Catuai ini.

Itulah sedikit ulasan tentang varietas kopi arabika yang popular di dunia. Zhibond Coffee sendiri salah satu agen dan supplier kopi di daerah Jember, Jawa Timur. Zhibond Coffee menjual biji kopi dengan  kualitas tinggi dengan berbagai macam jenis kopi seperti Jual Biji atau Bubuk Kopi Robusta, Jual Biji atau Bubuk Kopi Arabika, Jual Biji atau Bubuk Kopi Luwak dan juga menjual mesin kopi dengan harga murah. Zhibond Coffee Kopi Rakyat Indonesia